Kamis, 19 Februari 2015

Cara Menggunakan Bluetooth Windows 8

Heyho! 
Para pembaca Little World! Apa kabar? Semoga selalu diberkati dan bisa menjadi berkat.


Well, kali ini saya akan memberi tips cara menggunakan BLUETOOTH pada windows 8. Sebenarnya awal saya mengetahui hal ini karena kebingungan akan icon bluetooth yang tidak tahu kenapa tiba-tiba tidak muncul di Taskbar PC, padahal sebelumnya ada. Jadi, kendalanya saya agak bingung bagaimana cara nya mengaktifkan kembali (mungkin karena saya sedikit gaptek, hahaha!). Selain menggunakan Flash Disk / kabel data, bluetooth adalah salah satu perangkat transfer data yang paling sangat sering digunakan, karena efektif tanpa menggunakan kabel jadi tidak terlalu ribet. Jadi sekali tidak ada munculnya icon bluetooth pada taskbar PC, saya langsung jadi kelabakan dan langsung mencari cara untuk memunculkan icon nya untuk dapat berfungsi dengan baik.

Tetapi, jika men-transfer data dengan ukuran memori yang sangat besar, sangat lebih baik menggunakan kabel data, lebih cepat pastinya. Saya menggunakan bluetooth pun untuk mengirim beberapa data yang tidak terlalu besar. Jadi disesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

Saya merasa sangat tertolong dengan langkah-langkah yang saya ikuti dibawah ini, jadi ada baiknya dibagikan juga kepada para pembaca, walaupun sederhana sekali persoalan seperti ini *cieilah* hahaha! Tetapi, siapa tahu bermanfaat :D

Khususnya, untuk para pengguna windows 8.


---

MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN BLUETOOTH
Pertama tentu kita perlu mengaktifkan Bluetooth windows 8 terlebih dahulu caranya :

  • Buka PC Settings, Char Menu ( Win + C ) – Settings – Change PC Settings, kemudian pilih sub menu Wireless
  • Disana kamu akan melihat menu Bluetooth, klik toogle untuk mengaktifkan dan mematikannya.
MELAKUKAN PENGATURAN BLUETOOTH
  • Buka search setting dengan menekan Win + W, kemudian ketikkan Bluetooth. 
  • Klik Change Bluetooth Settings
  • Kamu dapat menampilkan dan menyembunyikan Bluetooth dengan mencentang Allow Bluetooth devices to find this computer, klik OK. Kamu juga dapat melakukan pengaturan yang lain yang tersedia

MENGIRIM FILE via BLUETOOTH
Untuk dapat mengirim file ke perangkat lain, perlu menambah perangkat tersebut ke windows 8 terlebih dahulu. Pastikan kedua Bluetooth perangkat sudah aktif dan dengan mode discovered (bisa ditemukan, beberapa perangkat memiliki fitur untuk menyembunyikan bluetooth)

Menambah device
  • Masih di PC Setting, pilih sub menu Devices
  • Klik Add Devices untuk menemukan perangkat, setelah perangkat ditemukan, klik nama perangkat tersebut.
  • Komputer akan mengirimkan code konfirmasi ke perangkat yang ingin kamu hubungkan, Klik Accept di perangkat tersebut, jika code yang muncul sudah sesuai klik Yes. Perangkat akan muncul di list devices windows 8.
  • Untuk menghapus perangkat, klik perangkat kemudian klik icon minus di pojok kanan, klik Remove
Mengirim File
  • Menu Bluetooth sudah ada di menu klik kanan windows 8, jadi untuk mengirim file, Klik kanan file yang ingin kamu kirim, kemudian pilih Send to – Bluetooth Device.
  • Pilih perangkat yang ingin kamu kirimkan file, klik Next
  • Tunggu sampai file terkirim, lama proses pengiriman tergantung dari besar file yang kamu kirim. Klik Finish ketika proses pengiriman file selesai

MENERIMA FILE
Tidak seperti windows 7, untuk menerima file di windows 8, kamu harus mengaktifkan mode receiving file.
  • Aktifkan Bluetooth kedua perangkat
  • Klik kanan menu Bluetooth di system try windows, kemudian klik Receive a file, lihat gambar
Proses pengiriman file via Bluetooth ke komputer windows 8 tidak akan berhasil sampai kamu mengaktifkan menu receive file
  • Kirim file ke komputermu via bluetooh, tunggu sampai proses pengiriman file selesai
  • Selanjutnya kamu perlu menentukan diman akan menyimpan file tersebut. Klik Browse untuk memilih lokasi menyimpan file, kemudian klik Finish.
Tentunya saya mengetahui tips tersebut dari Sumber
Thanks for the source. Sangat membantu sekali lho!